Ulasan Singkat OPPO F1s "Selfie Expert"

Oppo, HP dengan fitur melimpah untuk kelas menengah. Belum lama ini sekitar bulan Agustus, Oppo tak bosan-bosan berinovasi kini Oppo kembali menghadirkan satu smartphone lagi yang bertajuk “Selfie Expert” varian baru yang diberi nama Oppo F1s. Menambah koleksi produk dari Oppo F.

Oppo F1s dihadirkan sebagai pengganti dari seri Oppo F1 yang sudah lebih dulu hadir di awal tahun 2016. Smartphone yang sama-sama memiliki kamera selfie terbaik seperti Oppo F1 Plus ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari smartphone Selfie Expert pertama tersebut, namun lebih tinggi dari Oppo F1.



Seperti apa spesifikasi OPPO F1s "Selfie Expert"? simak dibawah ini:

NetworkTechnology GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
3G bands HSDPA 850 / 900 / 2100
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 28(700), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Launch Announced 2016, August
Status Available. Released 2016, August
Body Dimensions 154.5 x 76 x 7.4 mm (6.08 x 2.99 x 0.29 in)
Weight 160 g (5.64 oz)
SIM Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Display Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches (~71.0% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 4
- Color OS 3.0
Platform OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Mediatek MT6750
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2
Memory Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 32 GB, 3 GB RAM
Camera Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash, check quality
Features 1/3" sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Secondary 16 MP, f/2.0, 1/3.1" sensor size, 1080p
Sound Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
- Active noise cancellation with dedicated mic
Comms WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0
GPS Yes, with A-GPS
Radio No
USB microUSB v2.0, USB Host
Features Sensors Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML5
Java No
- MP4/H.264 player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- Document viewer
- Photo/video editor
Battery Non-removable Li-Po 3075 mAh battery
Misc Colors Gold, Rose Gold, Gray
SAR US 0.31 W/kg (head)     0.36 W/kg (body)    
SAR EU 1.60 W/kg (head)     1.05 W/kg (body)    
Price group 6/10
Tests Camera Photo / Video
Disclaimer. spekdanhargahp.blogspot.com tidak menjamin spesifikasi diatas 100% akurat.

Paket Penjualan OPPO F1s

Untuk paket penjualannya, Oppo F1s tergolong lengkap dengan disertai soft case bening, pin untuk membuka slot SIM card, buku petunjuk penggunaan, garansi, earphones, kabel charger dan adapter.

Desain

Dari segi desain, jika dibandingkan dengan Oppo F1 Plus, Anda akan menemukan bahwa desain Oppo F1s ini tidak jauh berbeda dengan F1 Plus. Dengan masih mengusung desain unibodi lebih tipis dan ramping, bermaterial bodi metal dan memiliki dimensi 154.5 x 76 x 7.4 mm, Oppo F1s hadir sebagai smartphone yang walaupun tipis dan ringan, tetap nyaman ketika digenggam dan bodi cukup kokoh. Layarnya berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1280 x 720 IPS ini telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 sehingga diharapkan layar tetap kuat dan tahan terhadap goresan sekalipun.

Oppo F1s memiliki layar 5.5 inch resolusi 1080×720 HD dengan jenis layar IPS yang telah dilapisi Corning Gorilla Glass 4. Agak disayangkan karena layarnya untuk Oppo F1s kali ini tidak menggunakan layar AMOLED seperti Oppo F1 Plus sebelumnya, walau begitu tingkat kecerahan dan ketajaman layarnya terlihat cukup baik.

Smartphone ini dipersenjatai dengan prosesor octa-core MediaTek MT6750  1.5 GHz Cortex-A53 dengan GPU Mali-T860MP2, RAM 3GB dan kapasitas internal 32GB yang bisa ditambahkan hingga 256GB. Untuk kamera utamanya, Oppo F1s dibekali kamera beresolusi 13 MP, dengan aperture f/2.2, dan dilengkapi fitur phase detection autofocus dan LED flash. Untuk kamera selfie yang menjadi keunggulan smartphone ini, memiliki resolusi 16 MP, dengan aperture f/2.0 dan ukuran sensor besar yakni 1/3.1 inch.

Sensor yang dimiliki Oppo F1s ini tergolong standar, dengan terdiri dari Distance sensor, Light sensor, G-sensor dan E-compass. Sementara untuk dukungan lain yang dimiliki oleh smartphone ini terdiri dari konektivitas GSM, WCDMA, LTE, Bluetooth, Dual nano-SIM card, Wi-Fi 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n, Fingerprint, serta dukungan OTG (On-The-Go).


Kamera

Kurang lebih seperti kamera pada Oppo F1 Plus, baik kamera depan maupun kamera belakang sama-sama memiliki tingkat detil dan kecerahan yang baik. Foto yang ditangkap ketika tingkat pencahayaan kurang terang, masih bisa terlihat cukup jelas ketika diambil. Fokus pada kamera belakang menggunakan Phase Detection Autofocus sehingga kamera bisa secara otomatis menentukan obyek yang hendak difoto, walau bisa difokuskan secara manual dengan menyentuh layar di posisi obyek yang hendak menjadi fokus.

Fitur kamera memungkinkan pengguna untuk bereksperimen secara Pro dalam Expert Mode atau dalam kondisi pencahayaan tertentu. Selain itu, terdapat juga fitur lain seperti Filter, Double Exposure dan Ultra HD Mode untuk menghasilkan beragam jenis foto menarik sesuai dengan keinginan penggunanya tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.


Agak disayangkan ketika melakukan zoom terhadap obyek foto, ada kecenderungan untuk terlihat blur dan tingkat noise yang masih terlihat jelas. Hal ini membuat detil foto menjadi kurang tajam terutama jika memotret dalam kondisi telah di-zoom beberapa kali.

Pada kamera depan, Oppo F1s bisa membuat hasil foto menjadi lebih jernih dan cerah, terutama ketika menggunakan fitur Beautification yang sudah tertanam di dalam kameranya. LED Flash disediakan pada kamera depan juga sehingga tidak ada masalah ketika pengguna hendak memotret di dalam kondisi gelap atau malam hari. Detil yang diberikan dari hasil jepretan kamera depan juga tergolong baik.


Hanya saja, fokus pada kamera depan lebih berat kepada face detection. Sehingga, ketika pengguna hendak berfoto dengan obyek latar belakang yang memiliki tingkat detil tinggi, latar belakang justru malah tergolong tidak fokus dan blur karena kamera lebih mengutamakan fokus terhadap wajah atau selfie si penggunanya.

Baterai

Oppo F1s memiliki kapasitas baterai 3075mAh, jadi diharapkan bahwa daya tahan baterai dari smartphone ini setidaknya bisa mencapai angka 8 jam lebih di uji benchmark PC Mark. Aplikasi benchmark ini sendiri menguji daya tahan baterai dengan melakukan berbagai jenis multi tasking dan multimedia, seperti browsing, playback video hingga edit foto. Dalam hasil uji PCMark Battery Life, Oppo F1s mampu bertahan hingga 9 jam 13 menit.

 Sementara untuk lamanya waktu untuk mengisi ulang kembali baterainya dari 22% hingga penuh, smartphone membutuhkan waktu 2 jam 5 menit.


Kesimpulan

Seperti yang telah ditulis di awal halaman artikel, Oppo F1s ini bisa dibilang sebagai “adik” dari Oppo F1 Plus dengan spesifikasi yang memang lebih rendah, tetapi lebih tinggi jika dibandingkan dengan Oppo F1 yang pertama kali rilis untuk seri F. Desain smartphone ini tak jauh berbeda dengan Oppo F1 Plus dengan desain ramping namun kokoh, ditambah dengan pilihan warna yang cukup menarik seperti misalnya Rose Gold.


Mengesampingkan titelnya sebagai “Selfie Expert”, Oppo F1s ini mampu menawarkan performa yang lumayan, disertai dengan spesifikasi yang umumnya standar sebagai smartphone kelas menengah ke atas saat ini. Dengan didukung RAM besar dan kapasitas storage internal yang juga cukup besar, smartphone ini memang didesain untuk bisa menampung kebutuhan aplikasi dan multitasking pengguna smartphone saat ini. Apalagi dengan kemampuan kameranya yang membuat orang jadi doyan “selfie”, kapasitas storage-nya tergolong standar walau bisa diatasi dengan menambahkan sendiri microSD card yang memiliki kapasitas lebih besar.

Baik kamera utama maupun kamera selfie yang menjadi fokus utama pada smartphone ini keduanya memiliki keunggulan yang cukup baik. Dalam kondisi low light, smartphone mampu beradaptasi untuk bisa menghasilkan foto yang jernih dan terang, terlebih dengan dukungan LED flash yang dimiliki oleh kedua kameranya. Foto selfie wide angle dan panorama juga didukung sehingga pengguna bisa berfoto ramai-ramai dengan rekan atau keluarganya ketika dioperasikan. Sayangnya, walau bisa memberikan detil yang baik, kedua kamera masih belum bisa benar-benar memberikan detil yang sesungguhnya tanpa adanya tingkat blur atau noise pada hasil jepretannya, terutama ketika difoto dalam kondisi zoom. Detil background ketika mengambil foto selfie yang seharusnya bisa lebih baik pun juga terasa kurang maksimal karenanya. Jika mengambil foto selfie tanpa background, mungkin tak akan jadi soal. Namun hal ini akan berefek ketika misalnya sengaja foto selfie demi memperlihatkan background yang sesungguhnya bisa jadi latar foto yang bagus.


Seperti Oppo F1 Plus, Oppo F1s ini juga turut memberikan pengalaman selfie yang lebih baru dan lebih luas dengan beragam fitur di dalamnya, terutama dengan sensor dan bukaan yang lebih lebar dari kebanyakan kamera selfie lainnya. Secara performa yang sama sekali tidak buruk, sayangnya tidak dibarengi dengan kemampuan charging cepat untuk sebuah smartphone berkapasitas 3075mAh sehingga hal ini bisa jadi nilai minus tersendiri.

Dibanderol dengan harga awal Rp 3.799.000, smartphone Oppo F1s, harga tersebut bisa jadi cukup masuk akal dengan adanya performa dari spesifikasi yang diberikan, juga kamera selfie yang menjadi keunggulan tersendiri untuk kelasnya. Jika Anda mencari smartphone yang gaya dan berdesain cantik, multitasking tidak lemot dan kamera selfie-nya juga baik, Oppo F1s ini bisa jadi pilihan alternatif Anda penggemar selfie.

Kelebihan:
+ Baterai cukup awet
+ Desain cantik dan kokoh
+ Kamera selfie tergolong baik
+ Performa cukup tinggi
+ Fingerprint

Kekurangan:
– Prosesor standar
– Resolusi display masih HD
– Waktu charging tergolong standar cenderung lama


Subscribe to Receive Free Email Updates: