Inilah Perbedaan Layar TFT - IPS dan AMOLED

spekdanhargahp - Seperti yang kita ketahui perbedaan jenis layar mempengaruhi kualitas gambar sebuah handphone atau smartphone. setelah handphone menjamur bukan pada masa smartphone banyak dari kita menggunakan handphone layarnya sudah berjenis Monochrome, TFT dengan kerapatan mulai dari 4096 warna, 65000 warna, 256.000 warna hingga 16juta warna. untuk jenis TFT ini kerapatan warna paling tinggi hingga saat ini adalah 16M (16juta warna).



TFT istilah asingnya adalah Thin Film Transistor merupakan salah satu type layar LCD ( Liquid Crystal Display). Jenis layar TFT ini mampu menampilkan warna lebih baik dengan harga yang cukup mahal dan jenis layar ini lebih boros batre, karena pada waktu itu belum ditemukan atau belum beredar luas jenis layar yang lain seperti IPS dan AMOLE (OLED).

IPS istilah asingnya In-Plane Switching merupakan tingkatan dari jenis layar TFT, keunggulan layar jenis IPS ini viewing angel atau sudut pandang mata pada layar sedikit luas, artinya pada posisi sudut miring tampilan layar akan terlihat sama, terlebih lagi dibawah terik matahari, layar jenis ini sedikit labih baik dari layar jenis TFT. Jenis layar IPS mampu menampilkan warna kontras terang dan natural, jenis layar IPS ini sendiri mempunyai banyak turunan seperti True HD IPS, True HD IPS ini tampilannya jauh lebih hidup dan menampilakn grafik 3Ddibanding jenis layar IPS biasa.

OLED istilah asingnya Organic Light-Emitting Diode, jenis layar OLED lebih tipis dan jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis layar yang saya sebutkan diatas TFT dan IPS, saking tipisnya hingga 1mm layar ini bisa di tekuk dan tidak patah. Jenis layar OLED ini diciptakan sebagai teknologi aternatif yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya.Teknologi OLED dikembangkan untuk memperoleh tampilan yang luas, fleksibel, murah dan dapat digunakan sebagai layar yang efisien untuk berbagai keperluan layar tampilan.

AMOLED isitilah asingnya Active Matrix Organic Light Emitting Diode adalah teknologi pengembangan dari OLED, jenis layar OLED dan AMOLED digunakan sebagai layar dalam suatu perangkat dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi serta konsumsi daya yang relatif rendah yang dapat mengubah setiap piksel dengan efisien dan secara langsung. Teknologi AMOLED tersebut memiliki fungsi sentuh (touchscreen) secara langsung, bukan melalui lapisan kedua di atas layarnya. Metode baru tersebut dilakukan melalui penambahan sensor pada sel organik dari LED. Sentuh antar muka ini mampu menambah ketebalan layar mencapai seperseribu millimeter, sehingga tidak akan mengurangi ketajaman atau meredupkan gambar, sebagaimana apabila dipasang dalam dua panel.

Kelebihan jenis layar AMOLEd ini jika dilihat diluar ruangan dibawah sinar matahari layarnya masih tetap kelihatan terang dan jelas warnanyapun tetap terlihat jelas, disamping itu layar jenis ini lebih hemat batre. Namun jenis layar AMOLED ini masih terbilang cukup mahal.



SUPER AMOLED Teknologi Super AMOLED adalah versi lanjutan dari layar AMOLED . Samsung menggunakan istilah ini untuk panel AMOLED yang mereka kembangkan. Super AMOLED layar dibangun dengan sensor sentuh kapasitif pada layar itu sendiri. Layar Super AMOLED jauh lebih responsif daripada layar AMOLED. Samsung Galaxy SII contohnya sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED. bukan hanya itu Samsung telah membuat layar SMOLED ke tingkat berikutnya dengan mengembangkan Super AMOLED +, HD Super AMOLED + dan FHD Super AMOLED + layar .

Pada dasarnya kualitas layar bukan dilihat hanya dari type layarnya saja, kualitas layar juga dipengaruhi dari DPI / PPI. DPI (Dots Per Inchi) dan PPI (jumlah pixel per inchi) Maksudnya semakin padat resolusi layar nya di bentang layar tersebut maka akan menampilkan tampilan yang lebih hidup dan nyata. Apapun jenis layarnya jika kerapatannya sudah mencapai angka 300-400 wajib jadi bahan pertimbangan untuk dibeli. karena semakin tinggi PPI maka semakin halus teks atau gambar pada layar.

Inilah Perbedaan Layar TFT - IPS dan AMOLED dah segitu aja.

Jika berkenan mohon dishare.. thanks..

Subscribe to Receive Free Email Updates: